Sebelum Membeli, Pelajari Cara Merawat Murai Batu Medan

Murai Batu Medan dengan kualitas bagus tentunya perlu perawatan yang bagus pula. Umumnya usaha penangkaran burung ini akan diberikan sertifikat atas perawatannya. Hal ini untuk menjamin kualitas dari burung yang telah dirawat. Perawatan burung pada umumnya sama dengan burung lainnya. Akan tetapi, untuk mendapatkan kicauan yang bagus pada Murai Batu Medan harus mengetahui cara khususnya.

Cara Merawat Keseharian Burung Murai Batu Medan

Perawatan burung ini harus dilakukan setiap hari. Agar burung menjadi sehat serta berkualitas unggul. Perawatan burung juga harus memperhatikan karakter dari burung itu sendiri. Diantaranya karakter burung yang perlu perawatan khusus seperti burung yang sudah lama dalam penangkaran sehingga lebih jinak atau burung yang menangkap liar dan masih galak. Berikut cara perawatan setiap harinya!

Pagi Hari

Burung Murai di pagi hari harus dibuka penutup sangkarnya agar terkena sinar matahari pagi. Jangan meletakkan burung langsung pada bawah sinar matahari karena akan membuat burung kepanasan. Letakkan burung di bawah naungan, meski teduh tapi secara tidak langsung tetap mendapat asupan vitamin dari sinar matahari.

Sembari menghangatkan burung di bawah naungan sinar matahari, burung juga bisa sambil dimandikan agar bersih dan menghilangkan sisa kotoran yang menempel di tubuhnya. Kemudian keringkan dengan membiarkannya. Selanjutnya burung diberi makan berupa jangkrik beberapa ekor dan dua kroto bersih seukuran dua sendok makan.

Murai kemudian dijemur kurang lebih 1-2 jam agar mendapat sinar matahari dan mengeringkan tubuhnya yang basah. Setelah itu, letakkan burung di tempat yang teduh beberapa menit kemudian baru dimasukkan ke dalam rumah. Hal ini dilakukan agar perbedaan cahaya di luar dan di dalam rumah tidak mengganggu penglihatannya.

Siang Hari

Burung kicau yang berkualitas harus sering dilatih suaranya setiap hari. Jika Anda tidak sempat bekerja, sebaiknya taruh burung di antara burung kicau lainnya agar terstimulasi untuk berkicau. Jika Anda memiliki waktu luang untuk melatihnya, Anda perhatikan volume, irama, gaya serta durasi untuk berkicau stabil.

Saat Anda pergi bekerja sebaiknya Murai yang di dalam sangkar tetap ditutup kerodong. Karena tidak semua burung telah jinak, beberapa burung peliharaan yang ditangkap langsung dari alam masih liar dan dikhawatirkan mengganggu burung lainnya. Selain itu, akan lebih bagus dan leluasa dalam berkicau saat Anda tinggal dalam sangkar tertutup.

Sore Hari

Ketika Anda pulang kerja, buka kerodong pada sangkar burung. Burung yang terlalu ditutup lama dikhawatirkan akan stress. Jadi, setiap sore, kerodong burung sebaiknya dibuka. Selama Anda bekerja, burung melakukan aktivitas seperti berkicau dan bergerak lincah. Sore harinya akan terasa lapar. Beri makan seperti yang dimakan pagi harinya.

Jangan lupa siapkan minum karena cara makan burung ini langsung menelan mangsa, jadi butuh minum untuk membantu menelan makanan. Burung yang telah beraktivitas seharian di dalam sangkarnya past juga lelah. Letakkan burung di tempat yang sunyi dan nyaman. Agar tidak terganggu saat akan beristirahat. Hal ini juga bertujuan untuk mengisi kembali tenaga di esok hari yang telah dikeluarkan hari ini.

Melatih Berkicau Setiap Hari

Melatih kicau pada Batu Murai Medan dapat diawali sejak masih Trotol. Sekitar umur 3 minggu sudah bisa dilatih. Jika Anda mendapatkan burung dari alam, tidak terlalu sulit untuk melatih kicaunya karena burung secara insting sudah mengetahuinya. Namun jika Anda mendapatkannya di penangkaran, ada yang perlu dilatih, ada pula yang sudah terlatih.

 

Burung yang dibesarkan dalam penangkaran, jika Anda membeli dan mendapatkan sertifikat, maka sudah pasti burung telah terlatih untuk berkicau, karena di penangkaran sudah terlatih sejak masih Trotol. Namun, tidak semua burung di penangkaran sudah dilatih, Anda juga dapat mendapatkan harga murah dari penangkaran karena burung belum dilatih dan Anda melatihnya sendiri.

Itulah beberapa cara merawat burung setiap harinya. Cukup mudah bagi Anda yang ingin memelihara Murai Batu Medan di rumah. Cari tahu informasi selengkapnya di berfaedah.com dan informasi mengenai Burung Murai Batu Medan lainnya. Jangan membeli jika Anda tidak mampu merawatnya, kecuali Anda memiliki tenaga khusus untuk merawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *