Ingin Menyewa Ruko? Pastikan Hal-hal Ini Terlebih Dahulu!

Ingin Menyewa Ruko? Pastikan Hal-hal Ini Terlebih Dahulu!

Merintis usaha—terlebih dari awal—tidak tidak akan mudah. Perlu banyak hal yang harus dipertimbangkan. Tempat usaha juga menjadi bahan pertimbangan yang penting. Ini dikarenakan letak tempat usaha bisa menjadi salah satu faktor kelancaran usaha tersebut. Bagi Anda yang baru dalam dunia bisnis ini, tentu banyak hal yang harus dipertimbangkan untuk membangun atau membeli tempat usaha.

Maka dari itu, alternatif yang lebih baik adalah sewa ruko. Salah satu penyebabnya adalah minimnya pemilik ruko yang menjual properti yang satu itu. Mereka lebih memilih menyewakannya. Hal lainnya adalah sulit untuk mencari ruko yang dijual dengan lokasi yang kita inginkan.

Ruko sendiri singkatan dari rumah toko. Umumnya, ruko ini merupakan sebuah bangunan yang dapat difungsikan sebagai hunian ataupun usaha komersil. Tapi, dewaasa ini, ruko lebih diperuntukkan sebagai tempat usaha. Ruko sendiri ada banyak bentuknya, antara lain bangunan yang memiliki satu hingga lima lantai atau seperti gedung perkantoran.

Adapula ruko yang bergandengan. Ruko yang satu ini cocok untuk usaha showroom atau pertokoan. Sekarang banyak ruko yang disewakan, terutama Jakarta. Daerah di Jakarta yang banyak ruko salah satunya adalah Jakarta Pusat. Di  sana jugalah banyak pusat usaha dan bisnis. Sewa ruko sendiri berkisar antara 39 juta sampai 190 milyar per lima tahun. Harga ini tergantung pada keluasan ruko, letak ruko, fasilitas yang tersedia, dan kondisi ruko itu sendiri.

Tapi, sebelum menandatangani perjanjian sewa ruko yang Anda inginkan, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan dipastikan terlebih dahulu. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus diperhatikan tersebut.

Fungsi ruko
ini merupakan hal utama yang harus dipikirkan sebelum sewa ruko. tujuan Anda ingin menyewa ruko itu diperuntukkan untuk apa? Sebagai hunian atau sebagai tempat usaha? Jika sebagai tempat usaha, usaha apa yang akan Anda jalankan? Fungsi ruko tersebutlah yang biasanya menentukan ruko yang seperti apa yang sebaiknya Anda sewa.

Lokasi ruko
Jika ruko tersebut digunakan sebagai tempat usaha maka lokasi ruko Anda itu menjadi sangat penting. Anda sebaiknya sewa ruko dengan tingkat keramaian dan kepadatan penduduknya tinggi. selain itu, lebih baik letak ruko tersebut berada di pinggir jalan utama sehingga banyak orang yang berlalu lalang. Alasan lainnya adalah agar tempat usaha tersebut mudah ditemukan serta mudah diakses oleh kendaraan. Pastikan juga di lokasi tersebut memilki keamanan yang cukup tinggi dan rendah kriminalitas. Selain itu, kebersihan di sekitar lokasi ruko juga harus diperhatikan. Jangan sampai ruko terlihat tidak bersih atau kumuh. Hal tersebut dapat membuat orang enggan berkunjung ke ruko Anda.

Fasilitas yang tersedia
Bagi Anda yang ingin sewa ruko, memastikan fasilitas yang tersedia di ruko tersebut terlebih dahulu adalah hal penting yang tidak boleh luput. Umumnya fasilitas tersebut mencakup kapasitas daya listrik, air, dapur, kamar mandi, dan lain sebgainya. Jika Anda menyewa ruko sebagai tempat usaha komersil, tentu saja tidak boleh melupakan fasilitas tempat parkir. Pastikan itu ada saat Anda melihat ruko yang ingin disewa. Ini dikarenakan tingginya kepemilikan kendaraan pribadi, membuat orang yang datang ke ruko Anda—misalnya untuk bertransaksi—mayoritas mengendarai kendaraan sendiri—baik motor atau mobil—sehingga memerlukan lahan untuk memarkirkannya.

Kondisi bangunan ruko
Jika Anda sewa ruko dan beruntungnya ruko itu masih baru, otomatis interior dan eksteriornya masih bagus. Tentu ini tidak memerlukan renovasi. Berbeda dengan Anda yang menyewa ruko bekas, diperlukan pengecekan kondisi bangunan ruko secara menyeluruh dan teliti. Hal ini agar kita tahu harus merenovasi ulang tuko tersebut atau tidak.

Legalisasi ruko
Inilah hal yang paling penting yang harus Anda pastikan sebelum menandatangani sewa ruko. Anda perlu mengecek dan memeriksa kepemilikan dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Gangguan/Hinder Ordonantie (HO), hingga izin Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL). Pastikan juga ruko tersebut boleh dipergunakan sebagai ruang usaha. Selain itu, cek pula status sertifikat ruko. Masih sebatas Hak Guna Bangunan (HGB) atau sudah Sertifikat Hak Milik (SHM). Jika masih HGB, perhatikan masa berlakunya.

Perjanjian bermaterai
Terakhir adalah menandatangani surat kontrak sewa ruko. Tapi, sebelum melakukan itu, Anda harus memastikan isi perjanjian tersebut. Perhatikan lokasi dan luas ruko, lama waktu Anda menyewa, harga sewa, serta cara pembayarannya. Di perjanjian tersebut, sebaiknya juga tercantum fasilitas yang diberikan. Lebih penting lagi, pastikan data identitas diri pemilik ruko asli.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pastikan sebelum menyewa ruko. Sewa ruko ini memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang baru memulai usaha. Tapi, saat menyewa ruko ada baiknya Anda melihat secara langsung ruko yang ingin Anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *