Tidak Mudah Rusak! Lakukan 5 Cara Merawat Powerbank Asus Ini

Asus selain mengeluarkan produk smartphone, kini juga menghadirkan powerbank yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Powerbank Asus sangat berguna di saat-saat penting. Meskipun terkesan praktis, powerbank cukup ringkih dan butuh cara perawatan khusus. 
cara merawat powerbank ASUS
dijitalpromosyon.com

1.    Jangan Sering Mengisi Daya Powebank 

Meski fungsinya untuk mengisi baterai gadget, tetapi tidak boleh digunakan terlalu sering. Selain itu, Anda juga tidak boleh mengisi ulang powerbank terlalu sering. Jenis baterai powerbank yaitu Lithium Ion atau Litihium Polimer. 
Siklus isi ulang tiap powerbank juga berbeda-beda. Batasan isi ulang untuk Lithium Ion 1000 kali dan untuk Lithium Polimer 500 kali. Setelah siklus tersebut selesai maka powerbank akan lebih cepat habis. 

2.    Jangan Isi Ulang Terlalu Lama 

Sama halnya dengan smartphone yang rusak jika diisi terlalu lama, powerbank juga akan mengalami hal yang sama. Jika isi ulang dilakukan terlalu lama, maka powerbank Anda akan cepat rusak. Terlebih jangan meninggalkan semalaman saat diisi. Lebih baik jika sudah penuh langsung dicabut. 

3.    Isi Ulang Saat Daya Benar-Benar Habis 

Beberapa orang terkadang tidak puas dengan daya powerbank yang tidak penuh. Akhirnya mereka mengisi ulang meski daya sudah 80% penuh. Sebaiknya, hal ini tidak dilakukan. Saat powerbank memasuki fase low atau sekitar 20 persen, segera isi ulang powerbank Anda. 

4.    Jangan Digunakan di Tempat Panas 

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan saat memakai powerbank yaitu meletakkannya di tas saat mengisi daya smartphone. Powerbank akan menjadi panas saat mengisi daya. Jika Anda meletakkan di tempat yang tertutup akan menambah suhu semakin tinggi. Akibatnya, powerbank akan cepat rusak. Sebaiknya Anda meletakkannya di tempat terbuka agar ada sirkulasi udara.

5.    Jangan Sampai Powerbank Terbentur 

Sama dengan alat elektronik lainnya, powerbank memiliki komponen yang sensitif di dalamnya. Usahakan powerbank tidak terbentur agar tidak merusak komponen penting di dalamnya. Sebaiknya Anda memiliki pouch khusus powerbank untuk meredam benturan. Oleh karenanya, letakkan powerbank di tempat yang aman.

6.    Jangan Main Smartphone Saat Mengisi Daya dengan Powerbank 

Agar smartphone dan powerbank bisa awet, hindari menggunakan smartphone saat pengisian daya. Hal ini hanya akan membuat arus listrik tidak stabil. Baterai powerbank akan cepat bocor. Selain itu bahaya untuk smartphone Anda. 

7.    Mencuci Powerbank 

Powerbank Asus memang sangat elegan dan memiliki banyak warna. Hal ini tentunya membuat senang saat akan memakainya. Namun, semakin lama debu dan kotoran akan menempel pada powerbank Anda. 
Anda juga perlu mencuci powerbank agar tetap bersih dan tahan lama. Namun mencuci powerbank berbeda dengan mencuci baju. Anda bisa menggunakan busa dengan usapan lembut. Hindari air atau busa masuk ke bagian output.
Poin-poin merawat Powerbank Asus bisa Anda lakukan agar powerbank Anda tidak cepat rusak. Penggunaan yang benar bisa memperngaruhi ketahanan powerbank. Sebaiknya kenali juga tipe powerbank Anda agar bisa merawatnya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *